INGGRIS, KOMPAS.com – Kendati penjualan Corolla sudah cukup tinggi, namun Toyota masih ingin meningkatkan popularitasnya, setidaknya di Eropa dan kemungkinan Australia. Sehubungan sudah terjalin kerja sama dengan BMW, maka produsen mobil terbesar di Jepang itu akan memasang mesin diesel turbo BMW pada Corolla.

Orang dalam Toyota, seperti dilaporkan majalan Autocar Inggris telah membocorkan kalau Auris – nama lain Corolla untuk  pasar  Eropa – mendapat keuntungan dari kolaborasi BMW-Toyota. Paling cepat, 2014 Auris sudah memakai teknologi dari pabrikan mobil asal Bavaria tersebut.

BMW menyediakan mesin empat silinder 1.6 dan 2.0 liter diesel turbocharged. Pasokan ini sebagai imbalan dari pengembangan bersama baterai lithium-ion. Namun Toyota tidak akan membagi teknologi hibrida, sedang mesin diesel tidak boleh dipakai pada Lexus.

Mesin diesel 1.6 liter yang sekarang dipakai pada Mini Cooper model D mempunyai tenaga 82kW dan trosi 270Nm. Sedang tenaga pada mesin 1.8 liter bensin yang dipakai Corolla sekarang bertenaga 100 kW. Untuk konsumsi bahan bakar, diesel memberi 3,8liter per 100 km.