Cara Instal Modem Prolink P2000 CDMA di Ubuntu 10.10

Berawal dari coba-coba memakai OS linux di PC malah kebingungan untuk koneksi ke internet pake modem cdma padahal kalau pakai modem GSM malah gampang banget. Tapi akhirnya bisa juga facebookan di Ubuntu 10.10 setelah searchin di google akhirnya nemu juga caranya biar bisa konek. Caranya begini kawan harus super teliti ya soalnya gara-gara aku gak teliti malah berulang-ulang ngedit configurasinya… padahal gak susah-susah amat,amat aja gak susah. Ok pertama kita harus tau id hardware modem tersebut dengan cara

1. Klik kanan pada my computer > manage (maka kita akan masuk ke jendela Computer Management) klik pada Device Manager > Modem >klik kanan pada modem device > properties seperti gambar dibawah ini ya lalu catat ID modemnya

2. Pindah ke Ubuntu buka terminal ketikkan lsusb

 

3. Jika modem sudah terdeteksi maka ID Device modem akan muncul seperti gambar yang diatas (lingkaran merah) sesuai dengan catatan anda yang tadi pada step 1

4. Jika tidak terdeteksi kita mesti mengconfigurasikan secara manual yaitu denga cara mengetikan sudo nano /etc/modules pada kolom terminal dan di isi dengan USBSERIAL VENDOR=0XO5C6 PRODUCT=0X6000 lalu save dan restart

 

5. Langkah selanjutnya buka lagi terminalnya ya lalu ketikkan ini tail -f /var/log/syslog

6. System – Preferences – NetworkConnections – TAB MobileBroadband – add

cek apakah sudah muncul modemnya??

 

 

7. Jika sudah lanjutkan untuk memilih negara kemudian ceklist I can’t find my provider bla…blaa… ketikkan Telkom-flexi > forward > apply > masukkan username dan passwordnya yg benar ya dan apply selesai sudah tinggal mencoba koneksi pasti sudah taukan cara mengkoneksikannya selamat berkreasi jika kurang jelas silahkan ditanyakan di kotak komentar

Username: telkomnet@flexi

kihkzedc@free

pass : telkom